• Kamis, 30 Juni 2022

Balangan Kembali Raih Opini WTP yang Ke-9 Kalinya

- Rabu, 18 Mei 2022 | 10:47 WIB
Bupati dan Ketua DPRD Balangan menerima penghargaan untuk Balangan, yakni WTP, ini yang ke 9 kalinya di raih kabupaten pemekaran HSU tersebut (dok, qory-bebasbaru.com)
Bupati dan Ketua DPRD Balangan menerima penghargaan untuk Balangan, yakni WTP, ini yang ke 9 kalinya di raih kabupaten pemekaran HSU tersebut (dok, qory-bebasbaru.com)

 

BệBASbaru.com, BALANGAN – Predikat dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) kembali diraih Pemkab Balangan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021. Dengan mendapatkan predikat ini, maka Pemkab Balangan sudah sembilan kali berturut-turut bisa mempertahankannya.

Opini WTP yang kesembilan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel M Ali Asyhar usai menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) kepada Bupati Balangan, H Abdul Hadi dan Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan, di Kantor BPK Perwakilan Kalsel, Banjarbaru, Selasa (17/5/2022). Turut hadir pada acara ini, Kepala Badan Keuangan Daerah Balangan, Fakhrianto dan Inspektur Balangan, Erwan Mega Karya Latif.

Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel, M Ali Asyhar menyampaikan bahwa predikat WTP merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh pemerintah daerah, dan diberikan setelah terpenuhinya indikator-indikator yang menyimpulkan pengelolaan keuangan daerah sudah sesuai dengan standar.

"Kami mengapresiasi keberhasilan Pemkab Balangan  yang meraih dan mempertahankan Opini WTP tahun 2022 ini. Capaian-capaian pengelolaan keuangan di Pemkab Balangan juga menunjukkan peningkatan kualitas. Kami mengucapkan selamat kepada Kabupaten Balangan atas capaian Opini WTP yang ke sembilan kali," ucap M Ali Asyhar.

Bupati Balangan H Abdul Hadi yang ditemui setelah acara penyerahan LHP, mengaku bersyukur atas Opini WTP yang diberikan BPK RI kepada Pemkab Balangan, dan menegaskan bahwa predikat yang diterima adalah motivasi untuk berbuat lebih baik lagi dan bekerja sesuai standar-standar yang telah ditentukan.

Bupati dan BPK pose bersam usai menerima WTP (dok, qory-bebasbaru.com)

"Banyak hal yang telah kita capai termasuk Opini WTP yang diberikan BPK RI untuk kesembilan kalinya bagi Balangan. Tentu kita bersyukur, bahwa hasil kinerja seluruh SKPD di Lingkungan Pemkab Balangan telah mendekati standar akuntansi pemerintahan sehingga diberikan predikat ini," ucapnya.

Kepada jajarannya, Abdul Hadi juga mengingatkan terkait pada saat BPK Perwakilan Kalsel melakukan pembinaan di Balangan, bahwa opini yang diterima harus berkorelasi dengan 4 indikator utama.

Halaman:

Editor: Redaktur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X