• Selasa, 9 Agustus 2022

Dokter Hewan Minta Warga Jangan Beli Daging Sapi dari Luar Agar Tak Tertular, Tabalong Masih Aman dari PMK

- Senin, 23 Mei 2022 | 11:25 WIB
Tabalong Kalsel, belum di temukan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, pencegahan masih terus gencar dilakukan  (dok, ANTARA News)
Tabalong Kalsel, belum di temukan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, pencegahan masih terus gencar dilakukan (dok, ANTARA News)

BệBASbaru.com, TABALONG – Tabalong Kalsel, belum di temukan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, pencegahan masih terus gencar dilakukan di Kabupaten ini.

Terlebih diketahui ada sapi di kabupaten lain di Kalsel terserang penyakit yang secara klinis mirip dengan gelaja PMK.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Disbunnak  Tabalong, drh Suwandi, Sabtu (21/5/2022), menyampaikan, sampai saat ini ternak di  Tabalong masih aman dari serangan PMK.

"Penyakit Mulut dan Kuku di Kabupaten Tabalong tidak ada kasus. Sampai hari ini, kami keliling-keliling ke lapangan, tidak ada informasi," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menggencarkan imbauan kepada masyarakat untuk tidak membeli sapi dari daerah-daerah yang berpenyakit.

Disampaikannya, pembelian ternak yang dilakukan pedagang di Kabupaten  Tabalong berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Tetapi, itu tetap harus dilakukan secara selektif ketika masuk ke wilayah Kabupaten  Tabalong. Syaratnya, harus ada surat karantina dan surat keterangan kesehatan hewan.

Kemudian, ada surat rekomendasi dari provinsi bahwa sapi harus sehat dan tidak berasal dari dari daerah atau zona berpenyakit.

"Kemarin, saat Rabu, sudah kami kumpulkan para pedagang di wilayah kita," ujarnya.

Harapannya, para peternak, pengumpul dan pedagang sapi untuk hewan kurban bisa mematuhi komitmen bersama ini tidak mengambil dari daerah yang terjangkit  Penyakit Mulut dan Kuku. Demikian di kutip bebasbaru.com dari banjarmasinpost.co.id, Senin (23/05/2022).***

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X