• Jumat, 1 Juli 2022

Kompleks Perumahan di Tabalong Di Hajar Banjir

- Kamis, 26 Mei 2022 | 22:02 WIB
Ilustrasi, team recue banjir dari PT Adaro Indonesia (dok, istimewa)
Ilustrasi, team recue banjir dari PT Adaro Indonesia (dok, istimewa)

Sebab akibat terjadinya banjir akibat luapan air sungai tak hanya melanda desa di Kecamatan Upau dan Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Permukiman di wilayah perkotaan yang ada di Kecamatan Murung Pudak, Kamis (26/5/2022), juga turut terdampak banjir akibat luapan anak sungai Tabalong.

Berdasarkan data dihimpun dari TRC BPBD Tabalong, Polres Tabalong dan dari pihak Kecamatan Murung Pudak,  ada 7 lokasi permukiman di perkotaan wilayah Kecamatan Murung Pudak, rata-rata kompleks perumahah yang terdampak banjir sejak tadi pagi.

 

Masing-masing, di Kompleks Anugrah Regency 2, Kelurahan Belimbing Raya. Air menggenangi jalan lingkungan dan juga sempat membuat 30 buah rumah warga terdampak.

Untuk saat ini air sudah mengalami penurunan, hanya tersisa menggenangi jalan perumahan. Sementara rumah warga sudah tidak ada yang terendam.

Lokasi kedua di Komplek Citra Persada Indah (CPI) RT  014 Kelurahan Mabuun. Air juga sudah menggenaigi jalan ldan merendam rumah warga dengan ketinggian Air 10 - 80 Cm.

Saat siang dilaporkan untuk rumah yang terendam kurang lebih 84 buah rumah  dari  272 buah rumah yang terdampak. Pantauan akhir jam 16.20 wita luapan air mengalami penurunan. 

Ketiga, di Kompleks Swadarma Lestari, Kelurahan Mabuun, kondisi luapan air juga menggenangi jalan dan sempat merendam sekitar 20 rumah warga dengan ketinggian15-30 cm. Saat ini kondisi air  mengalami penurunan. 

Lokasi keeempat di Kompleks Bumi Tabalong Damai (BTD), Kelurahan Mabuun, air juga merendam sekitar 25 rumah warga dengan ketinggian 15 - 50 cm dan kondisi air saat ini mulai surut. 

Banjir juga melanda Kompleks Pondok Karet Permai, Jalan AMD Maluyung RT 16, Kelurahan Mabuun, luapan air sudah menggenangi jalan lingkungan kompek, jembatan maluyung dan merendam rumah warga dengan ketinggian 15 - 80 cm atau diatas lutut orang dewasa.

Untuk rumah yang terendam saat ini kurang lebih 50 buah rumah. Sementara pantauan kondisi air hingga pukul 16.20 wita masih mengalami kenaikan akibat kiriman dari daerah hulu wilayah Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak

Kompleks Mahligai di RT13, Kelurahan Mabuun juga terkena luapan air sungai yang menggenangi jalan perumahan dan merendam rumah warga dengan ketinggian  20 - 50 Cm.

Halaman:

Editor: Redaktur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tabalong Kekurangan Hampir 65% Hewan Kurban

Kamis, 9 Juni 2022 | 20:42 WIB

Kompleks Perumahan di Tabalong Di Hajar Banjir

Kamis, 26 Mei 2022 | 22:02 WIB
X