• Selasa, 9 Agustus 2022

Khawatir Flu Burung Unggas Tiba-tiba Mogok Makan dan Mati,Distan HSU Sarankan Peternak agar Unggasnya Divaksin

- Selasa, 31 Mei 2022 | 20:13 WIB
Flu burung yang ada di  Kabupaten HSU hanya terjadi pada itik (dok, Kabar-Priangan.com-Pikiran Rakyat)
Flu burung yang ada di Kabupaten HSU hanya terjadi pada itik (dok, Kabar-Priangan.com-Pikiran Rakyat)

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA - Setelah PMK menyerang sapi, kini penyakit lain juga menyerang unggas, banyak itik yang terkena penyakit dengan kondisi tidak mau makan di  Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Rupanya, hal ini terjadi karena terkena flu burung, sebagaimana diungkapkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Veteriner  Dinas Pertanian HSU, I Gusti Putu Susila, Senin (30/5/2022), setelah pihaknya ambil sampel.

Itik yang terkena virus, awalnya dari peternak di Kelurahan Sungai Malang, Kecamatan Amuntai Tengah,  Kabupaten HSU. Kemudian, menyebar ke kecamatan lainnya.

Flu burung yang ada di  Kabupaten HSU hanya terjadi pada itik. Karena untuk peternak ayam broiler, dilakukan vaksin.

Dinas Pertanian berharap para peternak juga bisa melakukan vaksinasi terhadap itik yang dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu pada itik yang baru menetas.

Dilanjutkan vaksinasi kedua pada usia sekitar 1 bulan sebelum dilakukan pelepasan dan vaksinasi ketiga dilakukan pada saat usia 5 atau 6 bulan pada saat usia siap dilakukan perkawinan untuk itik petelur.

"Saat ini yang melakukan vaksinasi sebagian besar adalah peternak ayam broiler beberapa dari mereka juga meminta surat keterangan Sehat untuk hewan ternak jika melakukan pengiriman ke luar daerah seperti ke Kalimantan Timur," ujar I Gusti Putu Susila.

Bagi para peternak, baik itik maupun ayam, bisa melakukan vaksinasi bekerja sama dengan Dinas Pertanian dengan Dinas Pertanian.

Hingga saat ini, masih tersedia obat vaksin yang bisa diaplikasikan secara mandiri oleh seluruh peternak.

Terlebih, sebagian besar peternak sudah mengetahui tentang cara melakukan vaksinasi kepada itik atau ayam.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X