• Sabtu, 13 Agustus 2022

Inalillah, Sudah Lunasi ONH, Calon Jemaah Haji dari HST Ini Meninggal Dunia

- Selasa, 31 Mei 2022 | 20:20 WIB
[ILUSTRASI] Calon jemaah haji jalani manasik  (dok, Portal Kudus-Pikiran Rakyat)
[ILUSTRASI] Calon jemaah haji jalani manasik (dok, Portal Kudus-Pikiran Rakyat)

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI TENGAH – Panggilan Allah SWT untuk niat menunaikan ibadah haji sangat diidamkan siapapun, tapi kalau ada kendala, itu tanda panggilan tersebut tidak kesampaian.

Jumlah calon haji (Calhaj)  Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) kini tinggal 90 orang dari estimasi 91 orang.

Salah satu calhaj dilaporkan meninggal dunia, atas nama Sumiati (48), warga Desa Haur Gading, Kecamatan Batangalai Utara,  Kabupaten HST, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Diketahui, calhaj tersebut sudah melakukan konfirmasi pelunasan ONH. Bahkan, telah melakukan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat, serta layak berangkat haji.

“Namun, takdir berkata lain, calon haji yang bersangkutan meninggal dunia saat  Rabu, 25 Mei 2022,” kata Kepala Seksi Urusan Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag)  Kabupaten HST, H Abdul Hadi, kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (29/5/2022) kemarin.

Disebutkan, sebelumnya, pada 2021, suami calhaj yang juga masuk daftar tunggu meninggal dunia, sehingga kuota haji almarhum dilimpahkan kepada anaknya.

Rencana yang ada, almarhumah bersama anaknya yang menggantikan suaminya itu berangkat pada musim  Haji 2022.

“Namun, qadarullah, yang bersangkutan juga meninggal dunia. Untuk pelimpahan ke anaknya yang lain tidak memungkinkan, mengingat mepetnya waktu pemberangkatan untuk tahun ini. Tapi gilirannya tidak hilang dan bisa digeser ke pemberangkatan tahun berikut,” kata Hadi.

Jumlah kuota haji untuk  Kabupaten HST cukup fluktuatif karena berbagai kondisi. Sebelumnya, dari 91 orang berdasarkan estimasi, ada 10 orang mengundurkan diri.

Alasannya, antara lain tidak bisa berangkat bersama dengan pasangan atau keluarga yang didampingi. Juga adanya calhaj yang usianya 65 tahun, ditunda pemberangkatannya.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X