• Selasa, 9 Agustus 2022

SDN Tanta Batasi Pendaftar, SMPN 1 Haruai Tabalong 2 Tahun Ini Malah Minim Pendaftar

- Kamis, 23 Juni 2022 | 22:05 WIB
SDN Tanta, Kecamatan Tanta, Tabalong, Kalsel (dok, Sekolah Kita)
SDN Tanta, Kecamatan Tanta, Tabalong, Kalsel (dok, Sekolah Kita)

BệBASbaru.com, TABALONG – Ada yang menarik hari ini Kamis (23/06/2022), saat acara perpisahan di SDN Tanta, Kecamatan Tanta, Tabalong, Kalsel, saat Kepala Sekolah berikan sambutan, dikatakan salah satu SDN tertua ini sudah tak menerima murid baru lagi.

“Sesuai peraturan, setelah sampai 1 kelas (27 siswa) , maka sekolah kita tak dibolehkan lagi menerima murid baru, sehingga saran saya pada ortu murid, silahkan cari sekolah lain, karena SDN Tanta sudah memenuhi target dan tak boleh lebih,” kata Kasek SDN Tanta.

Namun di tempat lain berbeda, ini karena kurangnya peminat pada masa Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB), sudah dua tahun terakhir ini dirasakan SMPN 1 Haruai, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Untuk tahun ini saja, hingga batas akhir PPDB 2022 yang dijadwalkan sesuai kalender pendidikan, baru ada 15 orang anak yang mendaftar sebagai peserta didik baru.

"Secara kalender PPDB sudab berakhir sampai 11 Juni tadi," kata Kepala SMPN 1 Haruai, Syahrian, yang dikonfirmasi, Kamis (23/6/2022).

Menurutnya, berdasarkan data yang ada PPDB di sekolahnya hanya mendapatkan 15 orang siswa baru yang telah mendaftarkan diri.

Padahal pada tahun ini jumlah peserta didik yang lulus di sekolahnya asa 39 orang, sehingga sangat jauh bedanya.

Dengan masih banyaknya kuota yang kosong, maka pihaknya mengambil kebijakan untuk tetap bisa menerima siswa baru hingga nanti sebelum ajaran baru dimulai.

"Kami masih buka sampai sebelum tahun ajaran baru.Masih banyak kuota kosong dan barangkali ada lulusan SD yang belum tercover di sekolah lain," katanya.

Berkurangnya peminat PPDB di sekolah mereka ini diakuinya terjadi sejak dua tahun terakhir, tepatnya sejak adanya pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X