• Senin, 2 Oktober 2023

Indonesia Resmi Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Erick Thohir: Saya Sudah Berusaha Maksimal

- Kamis, 30 Maret 2023 | 11:07 WIB
Erick Thohir saat bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar pada Rabu 29 Maret 2023.  (dok, Image/Twitter/@kurawa)
Erick Thohir saat bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar pada Rabu 29 Maret 2023. (dok, Image/Twitter/@kurawa)

BEBASBARU.COM, SEPAKBOLA – FIFA secara resmi mengumumkan bahwa Indonesia batal menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 2023.

Pengumuman batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 ini di umumkan langsung melalui lama resmi FIFA.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyebutkan bahwa dirinya sudah berupaya semaksimal mungkun untuk melobi FIFA, meski harus menerima keputusan tersebut.

Baca Juga: Tak Bahas Polemik dengan Israel, FIFA Ungkap Penyebab Indonesia Batal Menjadi Tuan Ruma Piala Dunia U-20

Seperti yang diketahui, Indonesia sedianya akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni. Ajang ini rencananya akan digelar di enam kota.

Namun, belakangan muncul penolakan yang masih terhadap timnas Israel. Situasi ini pada akhirnya membuat Erick Thohir bergerak menemui Presiden FIFA Gianni Infantino di Qatar, Rabu (29/3/2023).

FIFA kemudian memutuskan untuk mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Sebagai anggota, Indonesia harus tunduk pada kewenangan dan keputusan FIFA.

Baca Juga: Indonesia Dipastikan Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, FIFA Rilis 5 Hal Penting Ini!

"Saya sudah berjuang maksimal. Setelah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi, dan berbicara panjang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu," ujar Erick Thohir dari Doha, Qatar.

"Indonesia adalah salah satu anggota FIFA, sehingga untuk urusan sepakbola internasional, kita harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Meskipun saya tadi sudah menyampaikan segala hal kepada Gianni, apa yang dititipkan Presiden, pencinta sepakbola, anak-anak timnas U-20, dan juga suporter setia sepakbola, tapi karena kita anggotanya dan FIFA menilai situasi saat ini tidak bisa dilanjutkan penyelenggaraannya, maka kita harus tunduk," lanjutnya.

Baca Juga: Breaking News: Pupus Sudah, FIFA Bela Timnas U-20 Israel, Indonesia Resmi Batal Jadi Tuan Rumah Pildun U-20

"Kita harus tegar. Saya minta semua pecinta sepakbola tetap berkepala tegak atas keputusan berat FIFA ini. Sebab saya berpendirian, karena itu, ini saatnya kita harus membuktikan kepada FIFA untuk bekerja lebih keras untuk melakukan transformasi sepak bola, menuju sepak bola bersih dan berprestasi," kata Erick Thohir menambahkan.***

Editor: Yeyen Rusmita Agustin

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X