• Sabtu, 10 Desember 2022

Mampu Bersaing dengan Benua Lain, Inilah Kejutan dari Wakil Asia di Piala Dunia!

- Kamis, 24 November 2022 | 14:32 WIB
Negara negara Asia yang unjuk kebolehannya dalam pertandingan Piala Dunia dan menjadi kejutan yang tak terduga (dok, Image/Robert Michael/Picture Alliance/Getty Images )
Negara negara Asia yang unjuk kebolehannya dalam pertandingan Piala Dunia dan menjadi kejutan yang tak terduga (dok, Image/Robert Michael/Picture Alliance/Getty Images )

BEBASBARU.COM, SEPAKBOLA – Ajang perhelatan akbat Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar telah di mulai dari 20 November 2022 lalu.

Beberapa negara di Asia juga turut ikut andil dalam Piala Dunia 2022 kali ini yang di adakan di Qatar.

Wakil Asia sudah tampil sejak edisi ketiga Piala Dunia pada 1938 silam. Tim Asia pertama yang berpentas di Piala Dunia adalah Indonesia yang saat itu membawa bendera Hindia-Belanda.

Tak jarang negara-negara Asia menghadirkan kejutan. Itu membuktikan bahwa sepakbola Asia mampu bersaing dengan benua lain yang dianggap kiblat sepakbola.

Baca Juga: Pantesan Dihujat Netizen, Ternyata Ini Arti Dibalik Pose Tutup Mulut Jerman Sebelum Dibungkam Samurai Biru!

Negara Asia pun turut menjadi sorotan di Piala Dunia dalam beberapa momen. Berikut daftar enam kejutan Asia di Piala Dunia.

1. Korea Utara 1966

Piala Dunia tanpa wakil Asia sempat terjadi medio 1958-1962. Kemudian pada 1966, Korea Utara menjadi satu-satunya negara Asia yang berada di Piala Dunia tersebut.
Korea Utara yang dipandang sebelah mata takluk di tangan Uni Soviet 0-3 di laga pembuka, kemudian imbang 1-1 kontra Chile. Namun di laga ketiga, Korea Utara sukses mengalahkan Italia 1-0.

Itu membuat Korea Utara menjadi negara Asia pertama yang mampu lolos ke fase knockout Piala Dunia. Sayangnya, Korea Utara tumbang di tangan Portugal 3-6.

Halaman:

Editor: Yeyen Rusmita Agustin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X