• Rabu, 26 Januari 2022

14X Gugat 14X Gagal Bag 1: Hakim MK Sindir Gatot Nurmantyo Cs Belajar dari 14 Putusan MK

- Jumat, 14 Januari 2022 | 14:23 WIB
Gatot Nurmantyo cs tetap lakukan gugatan PT 20% ke MK, walaupun sudah 14X keok di pengadilan oleh penggugat sebelumnnya (dok, CNN Indonesia)
Gatot Nurmantyo cs tetap lakukan gugatan PT 20% ke MK, walaupun sudah 14X keok di pengadilan oleh penggugat sebelumnnya (dok, CNN Indonesia)

BệBASbaru.com, POLITIK NASIONAL - Hakim Konstitusi meminta mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo belajar dari putusan uji materi soal syarat ambang batas pencalonan presiden atau Presidential Threshold (PT) yang sudah belasan kali digugat ke Mahkamah Konstitusi.

Baca Juga: Saudi Makin Nekat, Tempat yang Pernah Dikutuk dan Diihindari Rasulullah SAW Akan Digarap, Daerah Apa Itu?

Dalam perjalanan panjang gugatan tersebut, tak pernah satu pun yang dikabulkan oleh MK.

Dalam sidang gugatan uji materi Pasal 222 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu pada Selasa (11/1), Hakim MK, Enny Nurbaningsih mencatat belasan gugatan terhadap aturan tersebut dan tak pernah dikabulkan.

"Terkait dengan permohonan ini sebetulnya ada 13 kali bahkan dalam catatan saya ada 15 kali putusan MK soal pengujian pasal 222 ini. Di sini kemudian pemohon perlu lebih mengelaborasi terkait dengan apa sesungguhnya yang menjadi dasar pembedanya dengan putusan MK terdahulu jadi perlu elaborasi lebih lanjut," kata Enny dalam sidang gugatan yang diajukan Gatot Nurmantyo.

Baca Juga: Sempat Masuk DPO, Kini Penendang Sesajen di Desa Terdampak Semeru Dibekuk Polisi

Enny dalam persidangan tersebut meminta pemohon Gatot Nurmantyo menunjukkan legal standing atau kedudukan hukum yang kuat untuk mengajukan gugatan agar bisa menjadi bahan pertimbangan Mahkamah Konstitusi.

Menurutnya sejauh ini penggugat aturan tersebut hanya menggunakan Pasal 1 Angka 34 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu sebagai kedudukan hukum. Menurut pasal tersebut, setiap warga negara berusia 17 tahun atau lebih berhak untuk memilih dan dipilih.

Video Player is loading.

Halaman:

Editor: Redaktur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X