• Sabtu, 28 Mei 2022

Anies Vs Giring Bag 1: Sentilan Cerdas Anies Sukses Bikin Giring Emosional, Belum Matang Politik!

- Selasa, 18 Januari 2022 | 21:09 WIB
Anies menyindir halus, sedangkan Giring lebig ngegas (dok, republika.co.id)
Anies menyindir halus, sedangkan Giring lebig ngegas (dok, republika.co.id)

BệBASbaru.com, POLNAS - Manuver Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyaksikan aksi 'spektakuler' Nidji di Jakarta International Stadium (JIS) menunjukkan perbedaan kelas politiknya dari Ketua Umum PSI Giring Ganesha.

Baca Juga: Disuruh Hakim Jujur Bag 1: Azis Syamsuddin Ngaku Khilaf Transfer Uang Ke AKP Robin

Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran Kunto Adi Wibowo menganggap wajar dan lumrah jika Anies bermanuver untuk menyindir balik lawan politiknya di DKI Jakarta itu.

Dalam perspektif komunikasi politik, kata Kunto, seorang tokoh politik memang tidak bisa terus berdiam diri ketika mendapatkan kritikan maupun ejekan dari lawan politiknya.

Hanya saja, dalam merespon hal tersebut tokoh politik juga tidak boleh bersifat reaksioner atau menunjukan emosi berlebihan. Pasalnya, alih-alih mendulang sentimen publik cara respons seperti itu dinilai Kunto hanya akan mencederai citra politiknya sendiri.

Baca Juga: Disuruh Hakim Jujur Bag 2: Azis Syamsuddin Diancam AKP Robin Akan di KPK kan!  

"Dalam komunikasi politik, seorang tokoh tidak bisa diam saja ketika terus menerus dikritik, diejek atau disindir. Namun yang tidak boleh itu sangat reaksioner, atau menunjukkan emosi berlebihan sampai marah," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, semalam (17/1).

Kunto menilai cara Anies menyindir balik Giring PSI dengan mengundang grup band Nidji merupakan langkah cerdas. Termasuk menyematkan diksi 'suara merdu, tidak sumbang' dalam sanjungannya.

Direktur Eksekutif KedaiKOPI ini menilai, langkah sederhana Anies tersebut tepat sasaran dan berhasil meraih atensi publik. Mengingat, Giring yang merupakan eks vokalis Nidji, acapkali 'bersuara' terhadap apapun yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta itu.

Halaman:

Editor: Redaktur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X