• Sabtu, 28 Mei 2022

MPR Banyak Nganggurnya, Fahri Hamzah Minta Hapus Lembaga Ini, Waket MPR Ini Murka!

- Kamis, 20 Januari 2022 | 11:09 WIB
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid  (dok, detikNews-Detikcom)
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid (dok, detikNews-Detikcom)

BệBASbaru.com, POLNAS - Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Fahri Hamzah membuat pernyataan kontroversial belakangan ini yang mengusulkan agar fraksi-fraksi di DPR RI dihapuskan dan MPR RI dibubarkan.

Fahri menilai keberadaan fraksi di DPR selama ini membuat legislatif tidak berdaya. Fraksi, kata dia, sekadar menjadi alat kepentingan politik ketua umum partai atau elite-elite politik. Keberadaan fraksi justru tidak berpikir untuk rakyat atau konstituen

"Jadi berbicara reformasi politik, menghapus fraksi di DPR di antara yang paling penting kita lakukan, karena berbagai atau banyak alasan. Alasan pertama tadi kita melihat agak mencemaskan bagaimana sebuah kekuatan di kamar kekuasaan legislatif itu tidak nampak fungsinya" kata Fahri dalam keterangan tertulis, Jumat (14/1).

Baca Juga: Minta Duit! Dorce Ternyata Sudah di Bantu Megawati dan Jokowi, Jumlah Tak Disebut!  

Fahri lantas berbagi pengalaman ketika menjadi Wakil Ketua DPR periode 2014-2019 lalu. Ia mengklaim sempat diminta melakukan tindakan yang bertentangan kehendak masyarakat oleh partai tempatnya bernaung.

Namun, pada akhirnya Ia menentang perintah partai sehingga dipecat. Fahri sebelumnya merupakan kader PKS sebelum bergabung dengan Gelora.

Menurut Fahri, anggota DPR harus menjadi wakil rakyat, bukan menjadi wakil partai politik dalam.sistem Demokrasi. Menurutnya, jika terus begitu pandangannya akan membahayakan.

"Waktu itu saya melawan kendali partai, karena berpotensi mendistorsi kehendak rakyat menjadi kehendak parpol. Ini yang mesti kita lawan ke depan," katanya.

Baca Juga: Saat OTT KPK Bupati Langkat Ancang-ancang Ingin Kabur, Isu OTT Bocor Menyeruak!

Selain mengusulkan fraksi di DPR dihapus, Fahri juga usul lembaga MPR dibubarkan. Fahri mengaku sempat menyampaikan kepada Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) biar menjadi ketua terakhir.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X