• Jumat, 1 Juli 2022

PR Jokowi Periode II Setumpuk, Tapi Solusinya Bukan Minta 3 Periode Kalee! Ekonom: Nggak Ada Sejarahnya Begitu

- Selasa, 10 Mei 2022 | 09:01 WIB
Upaya-upaya untuk memperpanjang masa jabatan itu pun dinilai muncul karena pemerintah memiliki banyak sekali 'dosa' yang belum ditebus (dok, Portal Lebak-Pikiran Rakyat)
Upaya-upaya untuk memperpanjang masa jabatan itu pun dinilai muncul karena pemerintah memiliki banyak sekali 'dosa' yang belum ditebus (dok, Portal Lebak-Pikiran Rakyat)

BệBASbaru.com, POLNAS – Banyaknya PR Jokowi selama di jabatan periode ke II bukan alasan untuk memperpanjang jabatan, dengan alasan itu.

Di tengah ramainya pinjaman utang yang dilakukan PT Freeport Indonesia, wacana perpanjangan masa jabatan presiden menjadi 3 periode kembali disorot.

Upaya-upaya untuk memperpanjang masa jabatan itu pun dinilai muncul karena pemerintah memiliki banyak sekali 'dosa' yang belum ditebus.

Ada banyak PR atau lubang-lubang yang belum sempat ditutup Pemerintah, dan itu tidak akan cukup jika hanya sampai tahun 2024 nanti.

Akan tetapi, Ekonom Senior Alpha Epsilon Pi (AEPi), Salamuddin Daeng menegaskan bahwa upaya tersebut sia-sia.

Pasalnya, lubang-lubang tersebut tidak akan bisa ditutup hanya dengan mengulur waktu seperti perpanjangan masa jabatan.

"Kita nggak bisa nutup lubang dengan mengulur waktu, ndak bisa itu, ndak ada teorinya dan tidak ada pengalaman sejarah orang bisa menutup lubang atau menutup kesalahan dengan mengulur waktu," kata Salamuddin Daeng, Minggu, 8 Mei 2022.

Dia menekankan bahwa tradisi di Indonesia adalah jika memang ada permasalahan yang belum diselesaikan, justru prosesnya harus dipercepat.

"Dalam tradisi kita menutup kesalahan ya dipercepat aja kita selesaikan masalahnya gitu dengan Gentleman, dengan konsisten. Jadi ketegasan," ujar Salamuddin Daeng.

"Ketegasan atau konsistensi itu atau menjalankan sesuatu sesuai norma, cuma itu caranya kita menyelesaikan masalah," ucapnya menambahkan.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X