• Sabtu, 28 Mei 2022

Masih 3 Bulan Lagi, Lingkaran Istana Sudah Kasak Kusuk Ajukan 3 Nama Calon Pengganti Anies Baswedan ke Jokowi

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:40 WIB
Masa jabatan Gubernur DKI petahana, Anies Baswedan, akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang (dok, Pikiran Rakyat Depok)
Masa jabatan Gubernur DKI petahana, Anies Baswedan, akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang (dok, Pikiran Rakyat Depok)

BệBASbaru.com, POLNAS – Entah kenapa pemerintah pusat seakan tak sabar ingin mengganti Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta, padahal masih 3 bulanan lagi.

Terbaru, kursi Gubernur DKI Jakarta kian memanas setelah 3 nama calon pengganti Anies Baswedan disebut akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo pada September 2022 mendatang.

Masa jabatan Gubernur DKI petahana, Anies Baswedan, akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang sehingga Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menyebut akan melantik Pj Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2022 mendatang.

Tiga nama pun beredar sebagai calon kuat pengganti Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Wakil Ketua DPRD DKI sekaligus Politisi PAN, Zita Andini, menyebut tiga nama sebagai calon kuat pengganti Anies Baswedan.

Ketiga nama tersebut adalah Sekretaris Daerah DKI Marullah Matali, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, dan Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro.

Menurut Zita Andini ke tiga nama yang disebutkan dinilai memiliki kapabilatas yang mumpuni untuk menahkodai Pemerintahan DKI Jakarta menjelang Pemilu Serentak pada 2024 mendatang.

“Kalau melihat dari tiga nama yang diusulkan, semuanya bagus,” kata Zita Andini dalam keterangan resminya.

Meski demikian, Zita Andini pun mengingatkan bahwa kewenangan penuh pengambilan keputusan tetap berada di tangan Presiden Joko Widodo, melalui Kementerian Dalam Negeri.

Di sisi lain, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengatakan ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi untuk menduduki kursi Gubernur DKI Jakarta sepeninggal Anies Baswedan.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X