• Jumat, 1 Juli 2022

Partai Nasdem dan PKS Sudah Sehati, Partai Demokrat Gabung Tak Punya Posisi Tawar!

- Rabu, 22 Juni 2022 | 20:51 WIB
PKS dan Nasdem sudah sehati, artinya PKS tak masalah Capres dari Nasdem, Cawapresnya bisa saja dari PKS (dok, Humas PKS)
PKS dan Nasdem sudah sehati, artinya PKS tak masalah Capres dari Nasdem, Cawapresnya bisa saja dari PKS (dok, Humas PKS)

BệBASbaru.com, POLNAS – Setelah PKB mendarat ke Partai Gerindra, yang sekaligus membatalkan koalisi Semut Merah atau rencana koalisi bersama Partai Demokrat layu sebelum berkembang.

Kini PKS bergerak cepat, mereka langsung merapat ke Partai Nasdem dan rencana koalisi pun akan di jalankan.

Gabungan Nasdem dan PKS memang belum mencapai 20%, sesuai syarat PT untuk mengusung Capres, karena Partai Nasdem pada Pemilu 2019 adalah: 12.661.792 atau 9,05 persen sedangkan PKS memperoleh sara 11.493.663  atau 8,21 persen.

Nahh, bagaimana dengan Partai Demokrat yang belum punya rekan koalisi, posisi tawar AHY+PD pun lemah?

Baca Juga: Sediakan Air Buat IKN Baru, Bendungan Sepaku Semoi dan Persemaian Mentawir Mulai Dikerjakan

Sinyal partai besutan AHY dan SBY ini akan bergabung, tapi posisi tawar parpol ini agaknya rendah! Apalagi Nasdem sudah punya 3 Capres yang di umumkan sang Ketum Surya Paloh, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Jenderal Andika Perkasa.

Itu sama artinya dengan AHY bisa gagal jadi Cawapres, boro-boro Capres!

Sebeumnya, Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya, memastikan mereka akan kembali menjalin komunikasi dengan partai lainnya setelah hari ini bertemu dengan DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dia pun memberi sinyal partai yang  akan bertemu dengan NasDem besok identik dengan warna biru.

"Insyaallah besok akan ada lagi, kita tunggu saja," katanya kepada wartawan di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta, Rabu, 22 Juni 2022, yang di kutip bebasbaru dari tempo.co.

Halaman:

Editor: Redaktur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X