• Rabu, 1 Februari 2023

Parpol Oposisi Berbusa-busa Tolak Ide Si Bambang, Bila Dipaksakan Presiden dan DPR Tak Punya Legitimasi Lagi

- Jumat, 9 Desember 2022 | 20:49 WIB
Wacana Ketua MPR Bamsoet tunda pemilu yang otomatis membuat jabatan Jokowi diperpanjang menuai kritikan tajam di mana-mana, khususnya para oposisi   (dok, tangkapan layar/ist)
Wacana Ketua MPR Bamsoet tunda pemilu yang otomatis membuat jabatan Jokowi diperpanjang menuai kritikan tajam di mana-mana, khususnya para oposisi (dok, tangkapan layar/ist)

BEBASBARU.COM, POLNAS – Wacana Ketua MPR Bambang Soesatyo yang minta Pemilu 2024 dipikir ulang membuat semua pihak kepanasan, bak kena kompor.

Mereka beranggapan, kalau itu dipaksakan, maka Presiden dan wakil rakyat semua tingkatan tak punya legitimasi lagi di mata rakyat dan juga UU.

Karena UU sangat jelas mengatakan, masa jabatan Presiden-Wapres juga anggota DPR semua tingkatan akan habis setelah 5 tahun dan akan dipilih lagi melalui pemilu.

Baca Juga: Bukan Tambang Emas yang Meledak di Sawahlunto, Tapi Tambang Batubaru Legal yang Miliki Konsesi Hingga 2030

Khusus untuk jabatan Presiden dan Wapres, kalau sudah menjabat 2 periode, maka otomatis tidak bisa mencalonkan diri lagi.

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra meminta semua pihak berhenti mengembuskan wacana perpanjangan masa jabatan presiden.

Hal itu disampaikan merespons pernyataan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo yang meminta agar penyelenggaraan Pemilu 2024 dipikirkan ulang.

“Berhentilah menghembuskan angin sesat yang bisa membuat Presiden Joko Widodo terjerumus,” ujar Herzaky dalam keterangannya, Jumat (9/12/2022).

Dalam pandangannya, ketimbang terus mereproduksi wacana perpanjangan masa jabatan presiden dengan ragam narasi, lebih baik para elit politik pendukung Jokowi terus bekerja untuk mensukseskan pemerintahan saat ini.

Halaman:

Editor: H. Masruddin

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X