• Jumat, 22 Oktober 2021

Waspada Wilayah Selatan Tabalong dan HSU, Ada Banjir Kiriman dari Utara Tabalong

- Senin, 4 Oktober 2021 | 07:14 WIB
Sungai-sungai di wilayah Utara Tabalong meluap akibat hujan deras (dok, tribunnews.com)
Sungai-sungai di wilayah Utara Tabalong meluap akibat hujan deras (dok, tribunnews.com)

BệBASbaru.com, TABALONG – Tabalong memiliki 3 wilayah yang secara geografis berbeda, yakni Wilayah Tengah (Tanjung, Tanta, Murung Pudak), Selatan (Kelua, Pugaan, Banua Lawas dan Muara Harus) serta Utara (Jaro, Upau, Haruai, Muara Uya dan Bintang Ara). Wilayah paling rendah yakni Selatan kini harus waspada, gara-garanya hujan deras di wilayah itu membuat banjir di beberapa titik.



“Wilayah Tengah juga patut waspada, padatnya pemungkiman yang merubah hutan yang selama ini jadi penyangga air membuat daerah ini juga jadi langganan banjir. Sedangkan wilayah Selatan sejak dulu sudah jadi langganan banjir, lalu air akan terus ke wilayah Hulu Sungai Utara,” ungkap H Masruddin, pengamat sosial politik Tabalong.



Sebagaimana di ketahui, hujan yang turun sejak Sabtu hingga Minggu (03/10/2021) kemarin, membuat air sungai meluap dan menyebabkan banjir di beberapa desa di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalsel.



Banjir melanda kecamatan yang menjadi batas langsung Kalsel dengan Kaltim ini diperkirakan terjadi mulai, Sabtu (2/10/2021) sekitar pukul 02.00 wita. Berdasarkan informasi ada beberapa desa yang terdampak banjir, antara lain Desa Nalui, Desa Muang, Desa Garagata, Desa Namun dan Desa Jaro.



Camat Jaro, H Suwandi, yang dihubungi, Sabtu (2/10/2021) pagi, membenarkan ada desa di wilayahnya yang terdampak banjir. "Banjir akibat hujan lebat dari sore sampai malam," katanya. Saat ini cuaca masih hujan tapi hanya gerimis, sedangkan kondisi air banjir sudah ada penurunan karena air mulai.surut. "Semua titik sungai wilayah Jaro sudah surut," ujarnya.

Halaman:

Editor: Admin

Tags

Terkini

Bila Mudik ASN dan P3K Tabalong Akan Diberi Sanksi

Jumat, 30 April 2021 | 18:51 WIB

Adaro dan Mitra Sumbang APD Medis

Kamis, 9 April 2020 | 10:30 WIB
X